+6281 2359 34566 redaksi@agendakota.co.id

Organizer

Kelas Ura Ura
Phone
085-655-275-464
Email
uraura.co@gmail.com
Website
https://kelasuraura.wordpress.com

Location

C2O Library and Collabtive
Jalan Dr.Cipto no.22, Surabaya

More Info

Read More

Event Attendees

No attendee found! Be the first one to book!

QR Code

Date

15 Oct 2017

Time

12:00 - 18:00

Kelas Lokakarya: Ecoprint

Industri tekstil mengalami perkembangan yang begitu pesat. Manusia awalnya menggunakan material alam seperti kulit hewan atau kulit kayu sebagai bahan baku tekstil. Di era berikutnya manusia mulai mengenal teknologi memintal benang yang kemudian ditenun hingga membentuk lembaran kain. Untuk menciptakan warna dan motif, dedaunan dan getah pohon menjadi bahan utama pembuatan zat warna. Sejak ditemukannya mesin pintal dan tenun di era revolusi industri mulai muncullah teknologi-teknologi canggih untuk menciptakan tekstil dengan karakter tak terbatas. Teknologi canggih dalam pembuatan tekstil ini rupanya berbanding terbalik dengan kondisi lingkungan dan alam di sekitarnya. Emisi karbon yang dihasilkan dari mesin-mesin industri tekstil, zat kimia berbahaya pada pewarna, serta limbah garmen yang  berlebihan membuat industri tekstil menjadi industri yang destruktif. Industri ini lama-kelamaan menyebabkan pencemaran lingkungan dan kerusakan alam. Air, tanah, udara, serta kesehatan manusia menjadi yang paling terdampak.

Ecoprint, adalah teknik pembuatan motif kain yang diharapkan mampu menjadi alternatif fashion yang lebih selaras dengan alam. Teknik ini berpegang teguh pada prinsip slow fashion (antitesis dari fast fashion) yang mengedepankan prinsip-prinsip fashion berkelanjutan. Ecoprint sendiri adalah teknik membuat motif dari bahan-bahan alam seperti dedaunan, bunga, dan ranting-ranting pohon. Motif didapatkan dari bentuk tulang daun serta warna yang menempel pada kain setelah kain dikukus, sama prinsipnya dengan teknik printing namun tanpa menggunakan mesin dan tinta.

Di Kelas Ura-Ura ini kita akan bersama-sama belajar tentang seluk beluk teknik dasar Ecoprint, mulai dari mengenal jenis-jenis kain, mengolah kain sebelum di Ecoprint, mengenal daun,bunga dan bagian tumbuhan apa saja yang bisa mengeluarkan warna, mengkomposisikan daun, serta mengetahui logika lipatan kain. Bersama Elsana Bekti dan Antony Wahyudi, dua orang artisan Ecoprint dari kota Jogja kita akan mengesplorasi teknik Ecoprint pada media selendang sutera.

Alternatif Transaksi

Uang*
1. Rp 250.000 (early bird) batas maksimal pembayaran tanggal 7 Oktober 2017
2. Rp 300.000 (reguler) batas maksimal pendaftaran 12 Oktober 2017

Barang (maksimal 3 orang)**
1. Membawa tanaman minimal setiap orang membawa 3 jenis (maks. 1 orang)

  • Kesumba
  • Jati
  • Jarak
  • Eucalyptus
  • Stroberi

2. Dandang atau panci kukus berdiameter 45cm (maks. 1 orang)
3. Beras sebanyak 25 kg untuk logistik penggerak koperasi Ura-Ura (maks. 1 orang)

* Pembayaran termasuk selendang sutera, daun, handout materi, peralatan yang digunakan secara kolektif, cemilan, dan air mineral

** Transaksi menggunakan barang paling lambat tanggal 12 Oktober 2017, pukul 19.00 WIB di Bale Pare Surabaya.

Untuk info lebih lanjut, hubungi uraura.co@gmail.com atau 085-655-275-464 (Whatsapp, Line, dan SMS)

X

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *